Komunitas

Yuk, Break untuk Bumi!

2 menit untuk baca
|
29-12-2021

Kami bekerja sama dengan The Carbon Trust, konsultan perubahan iklim global dan keberlanjutan, untuk mengukur jejak karbon kami saat ini.

 

KARBON NETRAL PADA TAHUN 2025


Tahun ini, kami berkomitmen untuk mencapai karbon netral pada tahun 2025. Untuk mencapai hal tersebut, KitKat telah melakukan banyak hal dan tentunya akan terus berusaha mengurangi emisi sebanyak lebih dari 50% melalui penggunaan sumber bahan baku dengan bertanggung jawab, pembuatan produk, dan distribusi produk


Emisi yang kami hasilkan banyak berasal dari bahan baku produk, yaitu biji kakao dan susu. Kami pun akan menguranginya lewat beberapa inisiatif, seperti memulihkan hutan dan mendukung transisi ke pertanian regeneratif. Untuk setiap emisi yang tidak dapat dihilangkan, kami akan berinvestasi dalam penyeimbangan berkualitas tinggi berdasarkan solusi iklim alami.


Melindungi dan memulihkan hutan


Deforestasi adalah salah satu pendorong utama emisi karbon dalam rantai pasokan pertanian global. Selama satu dekade terakhir, kami telah menggunakan berbagai alat untuk mencapai komitmen dalam pencegahan deforestasi, termasuk sertifikasi, pemetaan rantai pasokan, dan citra satelit. 


Kami juga fokus pada konservasi dan restorasi, baik dengan cara melindungi dan merestorasi hutan dalam rantai pasokan biji kakao, maupun melalui peluncuran Rimba Collective. Inisiatif ini mendukung perlindungan dan pemulihan lebih dari 500.000 hektar hutan tropis di Asia Tenggara yang merupakan tempat kami mendapatkan sebagian besar bahan baku.


Memperluas pertanian regeneratif


Kami membangun usaha yang sudah ada dengan petani kakao, minyak sawit, sereal, gula, dan susu untuk menerapkan praktik regeneratif. Metode pertanian seperti mengurangi input sintetik, pengelolaan tanah yang lebih baik, dan penanaman pohon dapat membantu mengurangi karbon, meningkatkan keanekaragaman hayati, dan meningkatkan produktivitas lahan. Untuk mendukung hal tersebut, kami akan membantu petani menanam lima juta pohon pelindung di lokasi sumber kakao pada tahun 2025.


Mempercepat perpindahan ke listrik terbarukan


Kami telah mengurangi penggunaan energi dalam proses produksi KitKat hingga lebih dari 40% per ton produk sejak tahun 2000. Beberapa lokasi pabrik kami juga telah menggunakan listrik terbarukan. Kami akan terus mencari cara baru untuk mengakhiri ketergantungan pada bahan bakar fosil dan menggunakan 100% listrik terbarukan untuk semua pabrik sebelum akhir tahun 2025.


Membangun lebih dari satu dekade aksi


Selama lebih dari satu dekade, kami telah telah menjalani program dalam rangka meningkatkan keberlanjutan rantai pasokan. Seperti pada tahun 2009, Nestlé meluncurkan Nestlé Cocoa Plan yang pada tahun 2016 berhasil memberikan 100% pasokan biji kakao untuk produksi kami. 


Lewat program tersebut pula, Nestlé telah menanam lebih dari 15 juta pohon kakao dan menginvestasikan CHF sebesar 300 juta untuk keberlanjutan kakao. Komitmen karbon netral ini menempatkan kami di jalur yang tepat untuk mengurangi jejak karbon.

Komunitas